Daftar Blog Saya

Selasa, 04 Desember 2012

The Sixpack Abs Circuit Training!

Otot perut adalah satu dari sekian banyak otot tubuh yang paling digemari oleh setiap orang. Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang menyukai bagian otot ini, karena dengan memiliki otot perut yang kencang, apalagi sixpack, orang akan merasa lebih percaya diri dalam pergaulan.
Selain menerapkan pola makan rendah lemak dan tinggi protein, membentuk perut sixpack juga bisa dicapai dengan melakukan latihan. Ada beragam metode latihan yang dapat membantu Anda mendapatkan perut sixpack. Salah satunya adalah circuit training.
Apa itu Circuit Training?
Circuit training merupakan rangkaian latihan yang dilakukan secara berurutan dengan menggabungkan latihan kekuatan dan latihan kardio dalam rangkaian latihan. Dalam rangkaian ini terdapat latihan-latihan untuk otot-otot yang berbeda dalam masing-masing latihan tersebut.
Metode ini dapat membantu Anda mengikis lemak sekaligus meningkatkan massa otot dalam waktu bersamaan. Perlu Anda ketahui bahwa otot sixpack tidak akan muncul jika masih ada lemak yang menutupinya. Nah cara efektif untuk membakar timbunan lemak tersebut sekaligus meningkatkan massa otot Anda adalah dengan circuit training.
Meski pun circuit training identik dengan peralatan fitness di gym, namun metode ini tetap bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan berat tubuh Anda sebagai beban atau yang biasa kita kenal dengan sebutan bodyweight training.
Ada pula mitos-mitos dan anggapan yang menyesatkan seputar circuit training yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, di antaranya:
  • Circuit Training Menyebabkan Penyusutan Otot
Banyak orang menganggap bahwa circuit training mengakibatkan menurunnya massa otot. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya dengan melakukan circuit training tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan secara alami yang dapat membantu perkembangan otot secara efektif.
  • Circuit Training tidak membakar lemak sebanyak latihan Kardio
Ketahuilah bahwa circuit training merupakan rangkaian latihan yang menggabungkan latihan beban dan kardio dalam satu latihan. Jika latihan kardio saja dapat membakar lemak, apalagi jika digabungkan dengan latihan beban. Bukankah tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak daripada hanya melakukan latihan kardio saja?
  • Circuit Training Membuang Waktu

Anggapan ini sangat tidak benar. Circuit training hanya membutuhkan waktu 15-20 menit saja. Bahkan jika Anda tidak sempat datang ke gym sekali pun Anda masih bisa melakukan latihan ini di rumah dengan menggunakan berat tubuh Anda sebagai beban latihan.
Seberapa Sering Circuit Training dilakukan?
The American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa circuit training sebaiknya dilakukan antara 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Dengan waktu istirahat minimal 48 jam untuk memastikan tubuh memulihkan diri dari latihan sebelumnya. Untuk pemula dianjurkan memulai dari repetisi dan intensitas rendah. Jika sudah beradaptasi, maka intensitas dan repetisi bisa ditingkatkan.
Mendesain Circuit Training untuk Perut Sixpack
Tak hanya efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak di tubuh Anda, circuit training juga dapat membantu Anda mendapatkan perut sixpack dalam waktu yang lebih singkat. Ada beberapa latihan tanpa menggunakan alat yang bisa Anda terapkan menggunakan circuit training.
Hari I
Mountain Climbers  20 detik



Superman 20 detik



Bicycle Crunch 20 detik



Squat 20 detik



Squat Thurst 20 detik



Push Up 20 detik

Hari II
Lari di tempat 20 detik




Floor Switch Kick 20 detik



Static Lunges 20 detik



Superman 20 detik




Jacknife Sit Ups 20 detik



Jumping Squat 20 detik





Hari III

Mountain Climbers 20 detik



Bicycle Crunch 20 detik



Squat  20 detik



Power Jump 20 detik



Push Up 20 detik



Double Crunch 20 detik




Catatan: Tanpa jeda tiap latihan. Jika Anda berhasil menyelesaikan satu circuit, ambil istirahat 60-90 detik dan ulangi 8-10 circuit. Tingkatkan intensitas latihan dan repetisi secara bertahap seiring tubuh Anda beradaptasi dengan latihan tersebut. Latihan ini bisa menggantikan latihan cardio Anda dan sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2-3x dalam seminggu. (dan)

sumber:http://duniafitnes.com/sixpack/the-sixpack-abs-circuit-training.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar