Daftar Blog Saya

Rabu, 06 Mei 2015

Sukses menggunakan internet

Berbicara mengenai bisnis online tidak akan pernah ada habisnya, karena memang sangat banyak jenis bisnis online dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Bisnis online merupakan primadona bagi sebagian orang yang tau potensi pasar dan potensi penghasilan yang bisa diraup dari internet. Pasar yang begitu besar merupakan potensi yang bisa kita lirik untuk menekuni bisnis online.

Lalu, bagaimana yah jika kita ingin memulai bisnis online dengan modal yang minim? Ada caranya!
Berikut beberapa cara Anda membangun bisnis online sendiri tanpa harus mengeluarkan modal uang yang besar diawal.

1. Pengalaman
Belajar dari pengalaman adalah guru yang paling tepat jika Anda mau sukses. Nah, tidak ada salahnya mempelajari pengalaman para seller online shop yang sudah lama berkecimpungan di bisnis ini. Biasanya kita akan menemukan beberapa kekurangan yang bisa Anda perbailki di bisnis online Anda sendiri.
Yap, kata kuncinya adalah dengan mengamati dan menganalisa berbagai studi kasus mana toko online yang berhasil mana yang tidak.

2. Riset
Kenapa harus melakukan riset terlebih dahulu? Anda pastinya tidak mau kalau nantinya bisnis Anda sepi pembeli kan? Riset ini berfungsi agar Anda bisa membaca peluang pasar ataupun keinginan konsumen yang bisa Anda kumpulkan untuk menentukan bagaimana bisnis online Anda berjalan.
Contohnya seperti ini: Bisa saja Anda ngotot membeli baju gamis dengan modal utang karena yakin bahwa model tersebut pasti diminati oleh market online hanya karena modelnya dibilang bagus oleh pasangan Anda.
Setelah Anda coba, ternyata sepi order, paling-paling hanya bertanya itupun pada akhirnya tidak jadi beli.
Karena itulah kita harus mau melakukan riset. Jika misalnya ingin berjualan baju gamis, kira-kira baju gamis seperti apa yang lagi trend dan di buru oleh market online.
Kita bisa melihat trend model baju melalui social media, lazada, olx dan masih banyak online shop besar yang pastinya juga menjual model-model baju gamis tersebut. Setelah itu, barulah kita mengukur kemampuan dan mencari segmentasi market yang tepat.
Ingat tidak semua market online itu adalah calon customer kita!
Anda harus mengerti dan menggali lebih dalam siapa yang cocok membeli produk Anda secara online.

3. Konsep
Semua jenis usaha sudah pasti memerlukan konsep yang matang untuk meminimalisir kerugian yang bisa bernilai jutaan bahkan puluhan juta.
Analisis SWOT (strength, weakness, oppurtunities, threat) harusnya menjadi visi misi Anda.
SWOT sendiri adalah menilik kekuatan yang bisa memajukan bisnis, mengurangi kecacatan ataupun kelemahan dalam usaha, membaca peluang atau kesempatan dan melayani konsumen dengan baik.
Misalnya : Anda sudah melakukan riset untuk produk baju gamis terbaru dan didapati ada beberapa situs terkait yang menjual produk serupa. Lalu Anda analisa dan amati, kira-kira apakah produk baju gamis yang akan Anda jual juga memiliki nilai tambah atau pembeda dengan produk pesaing.
Jika sama, apakah Anda punya faktor lain yang bisa mempengaruhi keputusan orang untuk pada akhirnya memilih membeli produk di tempat Anda?
Misalnya saja : faktor pelayanan atau biaya ongkir (ongkos kirim) yang bisa ditekan karena Anda bekerjasama dengan ekspedisi tertentu.

4. Kepercayaan
Trust adalah kunci utama dalam bisnis satu ini. Tidak banyak orang yang ingin mempertaruhkan uang mereka untuk membeli barang di online shop yang belum dikenal. Maka dari itu kepercayaan harus tetap diprioritas agar konsumen tidak lari ke orang lain.
Ini penting!
Customer tidak pernah melihat kita, yang mereka lihat adalah apa yang kita tawarkan melalui media online. Jika kita memperlakukan kepercayaan calon customer kita seadanya, maka penghasilan kita pun akan seadanya

5. Promosi
Jejaring sosial bisa jadi media promosi paling murah bahkan gratis. Anda hanya perlu rajin-rajin membagikan halaman website Anda di setiap media sosial agar orang-orang mau mengunjunginya. Bukan tidak mungkin mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Sebagai contoh, kita bisa menarik visitor dari facebook untuk melihat barang dagangan kita. Yap, tentunya kita harus mau mengeluarkan biaya promosi di facebook.


sumber : https://kayadaribisnisinternet.com/2013/5-cara-jadi-pengusaha-sukses-online-shop.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar