Daftar Blog Saya

Jumat, 17 Oktober 2014

Android VS iOS

Perbandingan tentang mana yang lebih unggul antara sistem operasi Android dan iOS akan terus jadi perbincangan antara penggunanya. Padahal, sistem operasi milik Google dan Apple ini memiliki keunggulan dan kelemahan.

Dari hasil perbandingan di berbagai aspek, ditemukan bahwa iOS memiliki empat hal yang tidak dimiliki Android. Berikut rinciannya:

1. Lebih Aman

Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.


Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.

2. Lebih Mudah

Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.

3. Desain Menarik

Tampilan iOS didisan khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yangcatchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad.

Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5Sbahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.

4. Update Tidak Terbatas

Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini.
Ada juga perbandingan lain yang dimiliki antara Android dan iOS :
Fitur:

Ada banyak fitur di kedua Android dan platform yang iOS. Android terkenal dengan kemampuan kamera yang kaya dan serbaguna, voice mail visual, efek hidup untuk mengubah video dan browsing web yang kuat. iOS ini juga luar biasa! Ini telah mencapai daya tarik yang unik untuk beberapa fitur spesifik seperti; Safari. Springboard, FaceTime, Siri, buku tabungan, dan terutama iTunes.
Apps:

Ada hampir 8,00,0000 aplikasi di Google Store untuk Android. Di sisi lain, Apple memiliki aplikasi yang sekitar 8, 40.000 di app store. Sebuah studi terbaru oleh sebuah perusahaan bernama uTest menunjukkan bahwa Apple menyediakan aplikasi kualitas terbaik daripada Google.
Kebanyakan digunakan dalam internet:

Laporan NetMarketShare tpada bulan Maret 2013 menunjukkan bahwa pengguna Smartphone berbasis iOS menggunakan Internet lebih dari Android dan itu adalah sekitar 60,1%. Platform Android adalah tepat di belakang iOS dan itu adalah sekitar 24,9%. Selain itu, kedua sistem operasi tersebut lebih tepat untuk browsing internet.
Pembangunan Periode:

Android dan iOS saling bersaing keras. Kompetisi mereka baru-baru ini tampaknya seperti pertempuran. Jadi perkembangan pesat yang dibuat oleh kedua produsen ini akan semakin memanjakan bagi pengguna OS ini. Google upgrade Android hampir setelah enam bulan dan Apple membuat iOS meng-upgrade sekitar setelah satu tahun dan membawa versi baru.


Multitasking

Apple membutuhkan waktu 3 tahun untuk menghadirkan multitasking pada perangkat OS. Sedangkan Android sudah menghadirkannya sejak versi 1.0.


Wireless Syncing (iOS5)

Kemampuan untuk sinkronisasi pada perangkat Android dengan computer melalui Wi-Fi untuk mentransfer music tentunya cukup banyak diminati. Dan jika Android telah menghadirkan fitur ini sejak OS pertama, iPhone baru dapat mensinkronisasikan dengan iTunes melalui Wi-Fi saat iOS 5 diluncurkan.


Membuka aplikasi dari lock screen

Fitur yang sangat nyaman ini telah tersedia untuk beberapa waktu kini, notifikasi seperti teks dan kalender dapat diakses dari lock screen, berkat tweaks dan skins yang tersedia untuk Android. Dan, fitur ini baru diterapkan Apple pada iOS 5.


Update Over the Air

Menghubungkan smartphone ke computer untuk mendapatkan update mungkin sedikit menjengkelkan. Tapi itu adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan update, sampai akhirnya Apple memungkinkan update over the air pada musim gugur ini dengan iOS 5. Sedangkan Android sudah menyajikan fitur ini sejak awal.


Front-facing Camera

HTC Evo 4G yang diluncurkan pada Juni 2010 dilengkapi dengan front-facing camera pertama lebih dahulu, dibandingkan iPhone 4 yang dirilis pada akhir bulan yang sama.


LED Camera Flash

Sebulan sebelum iPhone mengadopsi LED camera flash pada Juni 2010, Android telah terlebih dahulu menghadirkannya.


Ragam

Pilihan perangkat Android begitu banyak tersedia, tak sama dengan iOS yang exclusive hanya dibenamkan pada perangkat Apple saja. Bagi pengguna, tentu saja pilihan yang banyak akan lebih menguntungkan.
Kesimpulan:

Android telah menciptakan pasar utama di Eropa begitu pula Apple dipasar Amerika Utara. Kedua sistem operasi ini telah memimpin pasar pada dunia Smartphone. Ada tempat popularitas iOS dan begitu pula ada tempat dimana Android menduduki pasar. Sehingga cukup sulit untuk mengidentifikasi mana platform yang lebih baik. Di atas semua, baik Android dan iOS adalah simbol inovasi mutlak teknologi modern.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/10/26/072524832/4-Kelebihan-iOS-Dibanding-Android
http://www.berryphones.com/2013/06/perbandingan-antara-android-vs-ios.html#sthash.0uqVlueF.dpuf
http://androinfo.com/perbandingan-android-vs-ios-apple/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar