Daftar Blog Saya

Sabtu, 26 April 2014

Kuis 3: Materi Perilaku Konsumen

1.    Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?

Jawab :

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

2.    Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?

Jawab :
Untuk mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar bisnis, memposisikan dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis lingkungan, mengembangkan studi riset pasar, membantu dalam mengambil keputusan kebijakan publik,dan ide yang cepat juga efektif.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?

Jawab :
a)      Pendekatan interpretif
Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.


b)      Pendekatan tradisional
Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.


c)      Pendekatan sains pemasaran
Pendekatan ini didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.

4.    Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?

Jawab :
1)         Faktor Sosial
            a. Grup
            b. Pengaruh keluarga
            c. Peran dan Status

2)         Faktor Personal
            a. Situasi Ekomoni
            b. Gaya Hidup
            c. Kepribadian dan Konsep Diri
            d. Umur dan Siklus Hidup
            e. Pekerjaan

3)         Faktor Psikologi
            a. Motivasi
            b. Persepsi
            c. Pembelajaran
            d. Beliefs dan Attitude

4)         Faktor Kebudayaan
            a. SubKultur
            b. Kelas Sosial

5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?

Jawab :
Untuk menangani hal ini produsen atau perusahaan harus sigap dan cerdas dalam mengatasi keluhan konsumen dan pengambilan keputusan dalam hal ini. Apabila produsen atau perusahaan bersikap demikian, seorang konsumen tidak akan main hakim sendiri dan tidak ada satu pun berita yang merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar