1. Apa yang
dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Jawab :
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Mengapa
perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri
?
Jawab :
Untuk mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar
bisnis, memposisikan dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis
lingkungan, mengembangkan studi riset pasar, membantu dalam mengambil keputusan
kebijakan publik,dan ide yang cepat juga efektif.
Jawab :
a)
Pendekatan interpretif
Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara
panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan
jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli
dan menggunakannya.
b)
Pendekatan tradisional
Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan
metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi
dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori dan mencari
pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat
keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
c)
Pendekatan sains pemasaran
Pendekatan ini didasari pada teori dan metode dari
ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan
menguji coba model matematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut
Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan
dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
4. Faktor
apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawab :
1) Faktor
Sosial
a. Grup
b. Pengaruh
keluarga
c. Peran
dan Status
2) Faktor
Personal
a.
Situasi Ekomoni
b.
Gaya Hidup
c.
Kepribadian dan Konsep Diri
d.
Umur dan Siklus Hidup
e.
Pekerjaan
3) Faktor
Psikologi
a.
Motivasi
b.
Persepsi
c.
Pembelajaran
d.
Beliefs dan Attitude
4) Faktor
Kebudayaan
a.
SubKultur
b.
Kelas Sosial
5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
Untuk menangani hal ini produsen atau perusahaan
harus sigap dan cerdas dalam mengatasi keluhan konsumen dan pengambilan
keputusan dalam hal ini. Apabila produsen atau perusahaan bersikap demikian,
seorang konsumen tidak akan main hakim sendiri dan tidak ada satu pun berita
yang merugikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar