Daftar Blog Saya

Jumat, 04 Oktober 2013

Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
 Menurut para ahli ada beberapa pendapat mengenai pengertian Organisasi sebagai berikut:
  1. Stoner mengatakan bahwa Organisasi adalah suatu pola hubungan hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard berpendapat bahwa Organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Sthepen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
PENGERTIAN ORGANISASI (PERUSAHAAN)

  • Organisasi Perusahaan adalah suatu proses yang menjadi tempat orang-orang berinteraksi untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Organisasi Perusahaan adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang yang melangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengelolah dan menyajikan informasi serta merawat aktiva.
  • Organisasi Perusahaan mencakup susunan staff dan alokasi tugas dan tanggung jawab dalam mengelolah data, mamasok informasi untuk pembuatan keputusan dan merawat aktiva.
MACAM MACAM ORGANISASI

 1.ORGANISASI  NIAGA
            Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam macam organisasi niaga:
·         Perseroan Terbatas (PT)
·         Perseroan Komanditer (CV)
·         Firma
·         Koperasi
·         Join Ventura
·         Trus
·         Kontel
·         Holding Company

2.ORGANISASI SOSIAL (Organisasi Kemasyarakatan)
            Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur  pembentukan Organisasi Kemasyarakatan :
a)      Jalur Keagamaan
b)      Jalur Profesi
c)      Jalur Kepemudaan
d)     Jalur Kemahasiswaan
e)      Jalur Kepartaian dan Kekaryaan

3.ORGANISASI REGIONAL & INTERNATIONAL
Oganisasi Regional
                        Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
Organisasi International
                        Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi seluruh dunia.

Proses Pengorganisasian Perusahaan
Dalam perusahaan, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerjaorganisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi perusahaann karenatanpa perencanaan fungsi-fungsi lain
pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi.Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan Organisasi
Dalam berorganisasi pasti memiliki tujuan yang akan dicapai bersama. Maka dari itu untuk mencapai tujuan tersebut, seseorang dituntut untuk mengatur setiap kegiatan yang diadakan dengan ide yang bermacam macam dari setiap anggota dan telah dipersiapkan secara matang matang, sehingga tujuan tersebut dalam berorganisasi dapat terlaksana dengan sempurna.

Tujuan Mempelajari Organisasi Umum
Dengan mempelajari Organisasi Umum seseorang akan lebih memahami dimana ia harus menempatkan diri ketika ia mengikuti dalam suatu ikatan Organisasi. Dengan kata lain teori organisasi umum dapat membimbing seseorang untuk berpendapat, menciptakan misi,visi,dan program, juga menganalisa dan mengevaluasinya kembali untuk tujuan organisasi tersebut.

Pengalaman Organisasi Teori.
Pernah menjadi bendahara kelas di waktu stm, pernah mengikuti karya ilmiah remaja (KIR) di waktu stm, dan sekarang mengikuti organisasi fans manchester city depok .

sumber: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar